Wednesday, September 30, 2020
Home Kuliner Indonesia 5 Makanan Khas Papua Yang Unik Dan Otentik, Wajib Dicoba Saat Berkunjung

5 Makanan Khas Papua Yang Unik Dan Otentik, Wajib Dicoba Saat Berkunjung

5 Makanan Khas Papua Yang Unik Dan Otentik, Wajib Dicoba Saat Berkunjung

Makanan Khas papua

Hal ini membikin makanan ini menjadi makanan yang sangat cocok buat kudapan dan teman tuk minum minuman khas Papua yang kamu coba. Colo-coloColo-colo merupakan semacam sambal yang rasa pedas yang amat luar biasa. Biasanya makanan ini digunakan untuk menemani menu santap siang serta malam hari. Banyak yang telah mengira makanan tersebut memiliki tekstur yang kering, padahal sebenarnya hal itu tidak. Dan saat tiba di mulut maka akan terasa sensasi gurihnya yg diciptakan dari irisan daun talas.

Andai berbicara tentang makanan khas Papua, pasti masih melimpah orang yang belum mengetahui banyak makanan dari wilayah ujung timur Indonesia ini. wikipedia. orgSedang mencari makanan yang identik banget persis Papua? Coba aja nih, sagu lempeng, salah 1 jajanan khas yang terbuat dari sagu. Nah, kini ini ternyata ulat sagu udah diolah jadi makanan yang lebih bisa diterima lah, nggak dimakan langsung. Martabak ini berasal dari kabupaten Fakfak yang tentu rasa dan juga bentuknya berbeda, nggak kayak martabak manis ataupun terang bulan.

Ketika disajikan, jadi keadaannya utuh, dan biasanya dilumuri dengan bumbu kuning yang menyertainya. Terdapat sejarah makanan khas Papua ini, sehingga biasanya orang Papua akan memakannya dengan trik yang unik pula.

Rasa dari makanan yang satu ini cukup enak lho, selain manis sudah tentu. Kalau nggak percaya anda cobain aja deh, enak apa enggaknya tergantung selera juga sih ya. Meski tidak bisa digunakan buat oleh makanan khas Papua, Eurimoo bisa menjadi hidangan yang sangat cocok untuk camilan setelah makan besar. Untuk kamu yang hendak jajan makanan khas Papua tapi berupa jajanan basah, salah satu jenis makanan yang mungkin akan pas di lidah kamu ialah Eurimoo.

Kelihatannya karena perpaduan daun talas yang dibakar, serta bumbu-bumbu yang meresap ke di dalam ikan, kali, ya. Tuk bumbu halusnya sendiri ialah bawang putih + merah, kunyit, cabai merah, kemiri dan ketumbar. Untuk bumbu irisnya ada cabai merah + rawit, daun salam, buah yang asam, lengkuas dan batang serai. Sudah pasti kita semua setuju kalau makanan khas daerah akhirnya menjadi salah satu daya tarik utama kita mendatangi suatu tempat, bukan? Soalnya, makanan tidak hanya sebagai daya tarik, tapi merupakan simbol budaya dari Papua, khususnya Papua Barat.

Setelah itu, ikan tersebut dibungkus dalam daun talas kemudian dikukus sampai matang. Rasa yang bergetar di lidah penikmat kuliner sangat unik, sesuai dengan cara penyajian masakan ini. Papua justru menggunakan petunjuk yang tidak biasa, yaitu ulat sagu. Bagi masyarakat Indonesia pada umumnya tampaknya hal tersebut sangat menjijikkan serta tidak layak dikonsumsi.

Sate Ulat SaguSate anti-mainstream makanan khas Papua yang cukup terkenal di kalangan wisatawan. Jika di daerah kamu, rata-rata sate itu persis terbuat dari daging ayam ataupun kambing. Kue khas Papua ini sangat cocok buat dijadikan camilan ataupun oleh-oleh buat keluarga pada rumah. Kue yang terbuat dari tepung sagu lalu campuran kenari ini punya tekstur yang sedikit keras saat digigit namun amat renyah dan lembut di mulut.

Tetapi, jika Anda ingin mencoba makanan khas Papua Dalam ini, maka jangan ragu untuk menyantapnya dengan papeda. Ya, pulau yang 1 ini memiliki banyak banget daftar makanan lezat dalam punya rasa unik. Ikan yang digunakan untuk food selection ini adalah ikan tongkol meskipun ada juga yg menggunakan jenis ikan sebagainya. Bumbu yang digunakan tuk membakar juga merupakan bumbu khas sehingga citarasanya jadi nikmat dan berbeda oleh ikan bakar lainnya.

Yang unik dari ikan bakar ini merupakan sambal colo yang dimilikinya. Selain dibuat dari jeruk nipis dan cabai, sambal colo juga dibumbui melalui rempah khas Papua. Ikan Bakar Colo adalah makanan yang sangat populer hal ini karena ia memiliki sambal dalam unik.

Kalau kamu ingin merasakan bagaimana citarasa bercitarasa tidak biasa, maka sangat wajib untuk mencicipinya list kuliner diatas. Masakan tradisional ini memiliki citarasa bumbu yang berbeda dikarenakan menggunakan sambal khusus dalam hanya bisa ditemui pada Papua. Papeda sendiri petunjuk dasarnya terbuat dari tepung sagu dan menjadi makanan pokok orang Irian. Di umumnya, rasanya adalah tawar, namun kamu bisa menghidangkannya dengan banyak cara.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Kue, Minuman & Makanan Khas Aceh Dan Keunikannya

Kue, Minuman & Makanan Khas Aceh Dan Keunikannya Ketika saya coba pasti sangat cocok di lidah anak-anak, pas buat lauk nasi loh. Sementara tuk Roti...

Apa Makanan Khas Sunda Dan Jawa

Apa Makanan Khas Sunda Dan Jawa Empal gentong ini adalah jenis makanan khas wilayah Cirebon, Sunda, Jawa Barat. Makanan satu ini rata-rata disajikan dengan kucai...

Beberapa Makanan Khas Sulawesi Selatan

Beberapa Makanan Khas Sulawesi Selatan Pantai Losari merupakan Pantai dalam indah dan telah jadi icon atau kebanggaan dri Provinsi Sulawesi Selatan. Selain Pantai Losari di...

Kuliner Khas Papua, Dimasak Oleh Mama

Kuliner Khas Papua, Dimasak Oleh Mama Struktur kue ini mempunyai kesamaan dengan Sagu Lempeng dalam keras dan kering. Bedanya kue ini berbentuk bulat lonjong dan...

Recent Comments